Langsung ke konten utama

AKAD NIKAH DITENGAH PANDEMI COVID 19 OLEH NERI ORGANIZER

Neri Organizer,pameran,pernikahan,wedding Organizer
NERI ORGANIZER


Saat ini ditengah pandemi Covid-19 kita dihimbau oleh Pemerintah untuk tinggal di rumah tidak melakukan aktifitas di luar rumah, mudik, dan melaksanakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang. Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus Covid-19 yang lebih masif lagi.

Hal ini tentunya berdampak bagi Industri Pelayanan Pernikahan untuk menggelar acara yang sangat ditunggu-tunggu oleh Pasangan Calon Suami-Istri yaitu acara akad nikah dan resepsi pernikahan.

Untuk anda yang berencana menikah dalam waktu dekat ini sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dapat mengikuti prosedur dan aturan sebagai berikut :


Neri Organizer,pernikahan,wedding Organizer
Tamu Undangan Akad Nikah

1. Batasi Jumlah Tamu yang Hadir

Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya oleh Kementrian Agama adanya himbauan untuk membatasi jumlah tamu yang hadir dalam acara akad nikah yang didalam disatu ruangan sebanyak maksimal 10 orang.

Dalam hal ini Kemenag tidak melarang diadakannya acara pernikahan akan tetapi harus melaksanakannya dengan cara tertentu guna mencegah penularan pandemi Covid-19 dengan penerapan pembatasan jumlah tamu yang hadir merupakan suatu langkah yang efektif.


Neri Organizer,pernikahan,wedding Organizer
Crew Neri Organizer

2. Gunakan Masker dan Hand Sanitizer

Pada saat acara akad nikah penggunaan masker sangatlah diperlukan dimasa pandemi ini. Penggunaan masker ini digunakan oleh penghulu, calon mempelai, saksi kedua belah pihak maupun keluarga mempelai berdua yang hadir dan sebaiknya penghulu dan calon mepelai juga menggunakan sarung tangan pada saat acara akad nikah.

Selain itu penggunaan hand sanitizer di sejumlah titik pada saat berlangsungnya acara akad nikah, seluruh tamu undangan maupun keluarga yang hadir harus mematuhi tata cara tersebut hal ini beguna untuk memastikan kesehatan dan keselamatan harus diutamakan bila perlu juga diadakan pengecekan suhu tubuh bagi semua tamu undangan dan keluarga menggunakan Termogun sebelum memasuki area tempat acara pernikahan berlangsung.


Neri Organizer,pernikahan,wedding Organizer
Akhad Nikah Amry&Imas

3. Melakukan Akad Nikah Disirkulasi dengan Baik

Prosesi akad nikah sebaiknya dilakukan di tempat yang bersirkulasi udara yang baik, melakukan acara akad di ruangan terbuka atau beruangan yang berventilasi yang baik. Berada di ruangan bersirkulasi udara yang baik dan sehat dapat mencegah dan menekan potensi tertularnya virus Covid-19.

Cahaya matahari sangat baik untuk mengurangi tertularnya virus covid-19 selain itu upaya lain juga dapat digunakan dengan memberi jarak bagi tamu undangan maupun keluarga yang hadir. Melakukan social distancing dengan mengatur jarak tempat duduk pada prosesi acara akad nikah, hal ini dapat membantu mencegah resiko penularan.

4. Hindari Jamuan Prasmanan

Acara pernikahan pasti menyediakan jamuan makanan untuk tamu undangan dan keluarga, kegiatan jamuan makan ini biasanya dilakukan secara prasmanan, namun ditengah situasi pandemi corona ini sebaknya hindari cara penyajian jamuan makanan secara prasmanan.

Sebaiknya memberikan jamuan makanan disaat pandemi ini berupa nasi kotak, hal ini berguna untuk kebersihan dan pencegahan penularan virus corona, karena pada dasarnya pemberian jamuan makan prasmanan akan lebh beresiko tinggi karena banyak alat makan dimeja prasmanan akan disentuh oleh banyak orang yang kita tidak tahu siapa pembawa virus tersebut.


Neri Organizer,pernikahan,wedding Organizer
Penyerahan Buku Nikah Amry&Imas

5. Social Distancing

Pada saat melangsungkan akad nikah hindari untuk melakukan kontak fisik dengan tamu atau keluarga yang lain dan juga hindari berjabat tangan, berpelukan maupun mengobrol dengan jarak dekat.

Jika perlu kita bisa menolak apabila ada orang lain yang minta tolong mengambil foto dengan kamera handphone pribadi, selain itu dalam hal memberikan ucapan selamat kepada mempelai diusahakan diberi jarak minimal 1 meter dan cukup merapatkan tangan didada masing2 sambil membungkuk.

Itulah beberapa tata cara akad nikah ditengah pandemi Covid-19 oleh Neri Organizer dan jika kalian melaksanakan acara pernikahan tetaplah jaga keselamatan dan kesehatan.  


Neri Organizer,
Wedding & Event Organizer Surabaya
WA 0878 5385 4025




Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA

Banyak kita jumpai prosesi pernikahan adat Jawa. Dan mungkin anda sudah hafal dan sering melihat malam midoderani yang sebelumnya diawali dengan prosesi siraman. Selain kedua prosesi tersebut masih terdapat rangkaian prosesi lainnya. Beberapa tahapan yang dilakukan satu hari sebelum ijab kabul ini memiliki makna tersendiri. Berikut ini penjelasannya. 1. Acara prosesi Pasang terub, Bleketepe, dan Tuwuhan pernikahan adat jawa Sebelum memulai prosesi adat Jawa yang akan mengadakan acara pernikahan harus melewati prosesi pasang terub, bleketepe, dan tuwuhuan. Upacara adat ini yang akan mengawali setiap pernikahan adat Jawa. Setiap prosesi tentu saja terasa penuh makna terub yang dipasang di pagar atau pintu masuk memiliki arti sebagai atap sementara atau peneduh rumah. Pemasangan tarub ini dibarengi dengan pemasang bleketepe sebagai penanda rumah akan melakukan acara pernikahan. Bleketepe, terub, dan tuwuhan ini menjadi simbol tolak bala. Bleketepe yang dibikin dari anyaman daun k

TATA UPACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA OLEH NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER

Logo PT. Neri Jaya Anugrah Tata upacara pernikahan bagi pasangan pengantin dan keluarga dalam melaksanakan acara pernikahan adalah suatu runtutan acara yang akan digelar oleh keluarga mempelai berdua dan untuk mendukung kelancaran dan ketertiban pelaksanaan acara tersebut biasanya dibentuk suatu panitia kecil oleh Wedding Organizer yang ditunjuk oleh pihak keluarga untuk mengatur jalannya pelaksanaan tata upacara pernikahan tersebut. Berikut adalah susunan perincian pelaksanaan upacara pernikahan Adat Jawa yang biasa dilaksanakan atau dikerjakan oleh NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer  Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur. Adeg Terop 1. Pelaksanaan Adeg Terop dan Kirim Doa Biasanya dilakukan pada pagi hari setelah hari pemasangan terop ditentukan dengan persiapan pemasangan tenda pihak keluarga menyiapkan syukuran adeg terop membuat atau memesan Tumpeng dan Uborampenya dan vendor tenda sudah di

KONSEP PERNIKAHAN KEKINIAN FAVORIT KELUARGA

Setiap pasangan yang ingin menikah pasti menginginkan sebuah konsep yang matang dan rapi didalam acara pernikahannya, ada yang menginginkan konsep pernikahan yang sederhana, mewah atau konsep pernikahan unik yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Saat ini masih banyak pasangan calon mempelai yang masih bingung untuk menentukan konsep apa yang akan dibuat untuk acara pernikahannya nanti, berikut kami merangkum beberapa konsep acara pernikahan faforit keluarga kekinian dan unik yang dapat menjadikan inspirasi bagi calon pengantin. Annisa & Khosin Wedding 1. Konsep Acara Adat Semakin hari pernikahan dengan menggunakan konsep acara Adat banyak sekali dipilih, hal ini didukung dengan banyaknya vendor-vendor sanggar rias yang menyediakan berbagai macam adat mulai dari Adat Aceh, Medan, Palembang, Minang, Betawi, Sunda, Jawa dll dengan aksesoris yang cantik dan model pakaian adat yang inovatif menjadi lebih indah tanpa menghilangkan unsur adatnya. Konsep per