Langsung ke konten utama

TATA UPACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA OLEH NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER

Neri Organizer,wedding planner,event organizer,sidoarjo,surabaya
Logo PT. Neri Jaya Anugrah

Tata upacara pernikahan bagi pasangan pengantin dan keluarga dalam melaksanakan acara pernikahan adalah suatu runtutan acara yang akan digelar oleh keluarga mempelai berdua dan untuk mendukung kelancaran dan ketertiban pelaksanaan acara tersebut biasanya dibentuk suatu panitia kecil oleh Wedding Organizer yang ditunjuk oleh pihak keluarga untuk mengatur jalannya pelaksanaan tata upacara pernikahan tersebut.

Berikut adalah susunan perincian pelaksanaan upacara pernikahan Adat Jawa yang biasa dilaksanakan atau dikerjakan oleh NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.

Neri Organizer,wedding planner,event organizer,sidoarjo,surabaya
Adeg Terop

1. Pelaksanaan Adeg Terop dan Kirim Doa

Biasanya dilakukan pada pagi hari setelah hari pemasangan terop ditentukan dengan persiapan pemasangan tenda pihak keluarga menyiapkan syukuran adeg terop membuat atau memesan Tumpeng dan Uborampenya dan vendor tenda sudah di lokasi beserta para crew tenda untuk pemasangan.

Persiapan pengajian dan kirim doa oleh para jamaah yang diundang hadir dipimpin oleh Ustad yang ditunjuk. Untuk itu dipersiapkan pula Sound system, kursi, karpet dan tidak lupa konsumsi berupa jajanan dan nasi kotak untuk dibawa pulang oleh para jamaah.

Pada malam harinya dipersiapkan untuk mendekor acara siraman dan tuwuhan juga mendekor kamar pengantin yang dilakukan oleh vendor dekor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.


Neri Organizer,wedding planner,event organizer,sidoarjo,surabaya
Siraman Icha

2. Pelaksanaan Siraman Pengantin Putri

Untuk pelaksanaan acara siraman pengantin putri biasa dilakukan pada sore hari, sebelum melaksanakan siraman calon mempelai putri mohon doa restu kepada kedua orang tua, calon mempelai putri melakukan sungkeman yang sebelumnya memberikan kata2 permohonan maaf kepada orang tua.

Sebelum acara siraman pengantin putri dimulai kedua orang tua mengambil air siraman sebagai syarat saja untuk dikirimkan ke pihak pengantin pria yang air itu juga biasanya digunakan campuran untuk siraman bagi pihak pengantin pria.

Selanjutnya acara siraman dimulai, para sesepuh yang terlibat dalam siraman adalah yang masih lengkap (suami - istri) atau sesepuh yang menjadi panutan keluarga.

Setelah acara siraman selesai orangtua mempelai putri memecahkan kendil selanjutnya dilanjutkan tanem rekmo oleh Bapak dari mempelai putri dengan memotong sedikit rambut calon mempelai putri selanjutnya ditanam ditempat yang telah disediakan, setelah usai calon mempelai putri dibopong Bapaknya menuju kamar mandi untuk ganti baju dipandu oleh perias vendor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER -Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.

Sambil menunggu calon pengantn putri mempersiapkan diri Orang tua calon mempelai putri melakukan acara Dodol Dawet.

Setelah calon pengantin putri iap dilanjutkan acara Tumpeng Robyong dan pembacaan doa pengantin dilanjutkan dengan acara ramah tamah.

Untuk acara selanjutnya adalah Midodareni dimana calon pengantin putri masih menerima tamu undangan biasanya adalah teman2 dari calon pengantin putri mereka beramah tamah dan bercengkrama dengan calon mempelai putri sampai dengan tengah malam.


Neri Organizer,wedding planner,event organizer,sidoarjo,surabaya
Akhad Nikah Dede Cindy

3. Pelaksanaan Akhad Nikah

Setelah menentukan hari dan tanggal acara akhad nikah biasanya dilakukan setelah acara malam midodareni lemaren malamnya, pagi harinya dipersiapkan acara Akhad nikah yang dimulai dengan persiapan calon pengantin dirias oleh perias vendor dari NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.

Mempersiapkan akomodasi kendaraan dan memastikan para petugas dari KUA dan petugas kotbah nikah sudah hadir juga para saksi2 yang dihadirkan untuk menyaksikan upacara akhad nikah tersebut, juga memastikan sarana dan prasarana berupa meja dan kursi apabila dilakukan dengan duduk di kursi atau meja saja dan karpet apabila dilakukan dengan duduk tanpa kursi (lesehan) serta dekorasi akhad nikah yang telah dipersiapkan sebelumnya dan sound system di cek dalam kondisi yang baik.

Dengan jadwal yang sudah ditentukan calon mempelai pria sudah datang tepat waktu semua sudah siap para petugas2 yang ditunjuk sudah siap maka pengucapan ijab kabul dapat dilaksanakan.


Neri Organizer,wedding planner,event organizer,sidoarjo,surabaya
Sindur Manten Icha

4. Pelaksanaan Panggih / Temu Manten

Prosesi ijab kabul telah dilaksanakan dan disahkan oleh para saksi dan penghulu dari KUA maka pasangan pengantin sudah dinyatakan resmi sebagai Suami - Istri, setelah itu dilanjutkan acara panggih atau temu manten acara tersebut dipandu oleh MC dan Perias dari Vendor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.

Prosesi upacara panggih dimulai Pasrah sangan (pisang raja) yang dibawa oleh perwakilan keluarga mempelai pria diberikan kepada perwakilan keluarga mempelai putri.

Tukar kembang mayang (2 jejaka dari keluarga pengantin putra dan 2 gadis dari keluarga pengantin putri) kembang mayang yang dibawa oleh dua pasangan tersebut ditukar untuk kemudian diletakkan di kanan kiri pelaminan.

Balangan gathal adalah lempar sirih, pengantin putra diapit bapak2 dan pengantin putri diapit ibu2 setelah berjalan dengan jarak 2 langkah dari titik temu kedua pengantin saling lempar sirih.

Tidak tigan kedua pengantin melepaskan selop lalu pengantin putri jongkok dan pengantin pria menginjak telur hingga pecah kemudian pengantin putri membersihkan kaki dari pengantn pria, membersihkan kaki pengantin pria ini disebut juga sebagai Wijikan.

Sinduran : orangtua pengantin putri berdiri di depan kedua mempelai, kedua mempelai bergandengan sedangkan tangan kanan kedua mempelai memegang panggul bapak dan dibelakangnya ibu mempelai putri mengerudungi kedua mempelai dengan sindur sedang ujung2 dindur dipegang dipegang oleh bapak dan berjalan perlahan menuju pelaminan.

Tanem : Bapak mempelai putri mendudukkan kedua mempelai dengan cara menaruh tangan kanan pada pundak mempelai putri dan tangan kiri pada pukdak mempelai putra dan menekan pengantin sampai duduk di pelaminan.

Kacar-kucur : Pengantin putra menuangkan guna kaya (biji-bijian dan uang logam) dari kantong tikar (tilam lampus) ke dalam kacu bangun tulak yang dipegang dan ditaruh di pangkuan pengantin putri sampai habis, pengantin putri mengikat kacu bangun tulak tersebut kemudian diserahkan ke ibu pengantin putri untuk disimpan di kamar pengantin.

Dulangan/suapan : kedua pengantin makan nasi kuning dengan saling menyuapi masing2 3x suapan lalu saling memberi minum.

Mapag Besan : Bapak - Ibu mempelai putri selanjutnya menjemput kedua besan (bapak-ibu pengantin putra) menuju pelaminan bersama dengan kedua mempelai.

Sungkeman : keris mempelai putra diambil, kedua pengantin melepas selop (sandal) yang dipakai kemudian kedua pempelai sungkem kepada kedua orangtua mempelai putri maupun kedua orang tua mempelai putra, apabila Eyang kedua mempelai masih ada dan rawuh (datang) kedua mempelai lanjut sungkem kepada para Eyang, setelah sungkem keris disandangkan kembali dan selop dipakai kembali.

Bubak Kawah : acara ini diselenggarakan apabila Orangtua mempelai baru mantu pertama dan pesertanya ini adalah ibu2 yang punya putri gadis dengan maksud agar segera menyusul untuk punya mantu, pemikul bubak kawah ini adalah saudara terdekat pengantin putri yang laki-laki.

Jangan lupa untuk Dokumentasinya baik itu Foto dan Video keluarga pengantin putra dan putri serta panitia oleh vendor NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.


Neri Organizer,wedding planner,event organizer,sidoarjo,surabaya
Resepsi Dede Cindy

5. Pelaksanaan Resepi

Untuk acara resepsi bisa diadakan langsung setelah akhad nikah atau beberapa hari setelah acara akhad nikah, setelah tanggal dan hari telah ditentukan acara resepsi ini pertama yang dilakukan adalah loading Dekor di Gedung atau di Outdoor apabila acara dilakukan diluar gedung.

Persiapan Make Up pengantin putri dan pengantin putra di rumah, make up kedua mempelai bersama keluarga, untuk make up ortu, besan, among tamu, buku tamu bridesmade dll bisa dilakukan di tempat acara atau di rumah bila memungkinkan.

Setelah make up selesai persiapan untuk berangkat ke tempat acara, semua rombongan keluarga berangkat mengiringi kendaraan pengantin supaya lebih meriah, 

Rombongan pengantin bersama orang tua tiba di lokasi acara kemudian melakukan gladi bersih acara resepsi bersama panitia among tamu kemudian dilanjut sesion foto, pengantin besrta rombongan panitia foto bersama di depan gedung disertai pelepasan balon dan conveti dipandu oleh NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur.

Persiapan resepsi inti kedua mempelai dan orangtua beserta para panitia bersiap di tempat masing2, amongtamu siap di tempat masing2 juga buku tamu sudah ditempat masing2.

Prosesi pawai para jajaran Bridesmade berjajar memasuki area pelaminan diiringi musik akan tetapi apabila musiknya adalah gamelan jawa untuk bridesmade bisa diganti dengan cucuk lampah berpakaian adat jawa, setelah usai rombongan kedua mempelai orangtua besan, saudara2 kandung pengantin berjalan iring2an menuju pelaminan diiringi musik dari seksi hiburan.

Setelah berada di pelaminan perwakilan dari kedua keluarga untuk memberikan sambutan kepada para hadirin serta mengucapkan terimakasih atas kehadirannya, setelah usai memberikan sambutan para tamu dipersilakan memberikan ucapan selamat kepada kedua pengantin dan orangtua masing2 mempelai yang dilanjutkan dengan ramah tamah para tamu undangan.

Pihak dokumentasi sudah bersiap mulai dari kedatangan kedua mempelai sampai berlanjutnya acara sampai dengan selesai.

Dihampir penghujung acara akan diadakan pelemparan bunga oleh kedua mempelai teruntuk rekan maupun saudara yang belum menikah, adapun memungkinkan pengantin menyediakan doorprice untuk acara tersebut apabila didalam pelemparan bunga ada yang mendapatkan bunga tersebut.

Acara Selesai..... 


Neri Organizer,
Wedding & Event Organizer Surabaya
WA 0878 5385 4025

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA

Banyak kita jumpai prosesi pernikahan adat Jawa. Dan mungkin anda sudah hafal dan sering melihat malam midoderani yang sebelumnya diawali dengan prosesi siraman. Selain kedua prosesi tersebut masih terdapat rangkaian prosesi lainnya. Beberapa tahapan yang dilakukan satu hari sebelum ijab kabul ini memiliki makna tersendiri. Berikut ini penjelasannya. 1. Acara prosesi Pasang terub, Bleketepe, dan Tuwuhan pernikahan adat jawa Sebelum memulai prosesi adat Jawa yang akan mengadakan acara pernikahan harus melewati prosesi pasang terub, bleketepe, dan tuwuhuan. Upacara adat ini yang akan mengawali setiap pernikahan adat Jawa. Setiap prosesi tentu saja terasa penuh makna terub yang dipasang di pagar atau pintu masuk memiliki arti sebagai atap sementara atau peneduh rumah. Pemasangan tarub ini dibarengi dengan pemasang bleketepe sebagai penanda rumah akan melakukan acara pernikahan. Bleketepe, terub, dan tuwuhan ini menjadi simbol tolak bala. Bleketepe yang dibikin dari anyaman daun k

KONSEP PERNIKAHAN KEKINIAN FAVORIT KELUARGA

Setiap pasangan yang ingin menikah pasti menginginkan sebuah konsep yang matang dan rapi didalam acara pernikahannya, ada yang menginginkan konsep pernikahan yang sederhana, mewah atau konsep pernikahan unik yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Saat ini masih banyak pasangan calon mempelai yang masih bingung untuk menentukan konsep apa yang akan dibuat untuk acara pernikahannya nanti, berikut kami merangkum beberapa konsep acara pernikahan faforit keluarga kekinian dan unik yang dapat menjadikan inspirasi bagi calon pengantin. Annisa & Khosin Wedding 1. Konsep Acara Adat Semakin hari pernikahan dengan menggunakan konsep acara Adat banyak sekali dipilih, hal ini didukung dengan banyaknya vendor-vendor sanggar rias yang menyediakan berbagai macam adat mulai dari Adat Aceh, Medan, Palembang, Minang, Betawi, Sunda, Jawa dll dengan aksesoris yang cantik dan model pakaian adat yang inovatif menjadi lebih indah tanpa menghilangkan unsur adatnya. Konsep per