Langsung ke konten utama

PERSIAPAN ACARA PERNIKAHAN YANG WAJIB DIKETAHUI CALON PENGANTIN

Pernikahan adalah suatu acara terpenting bagi kehidupan hampir disetiap orang dan momen yang tak akan pernah dilupakan. Dan setiap orang akan beusaha sebaik mungkin untuk melaksanakaan acara pernikahannya agar berjalan dengan lancar dan terasa istimewa karena acara tersebut akan dihadiri oleh keluarga dari kedua belah pihak teman-teman maupun koleganya.

Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda untuk melaksanakan acara pernikahannya ada yang mempersiapkan acara tersebut jauh-jauh hari ada pula persiapaan dengan mendadak, acara pernikahan akan berjalan dengan lancar apabila dipersiapkan dengan baik. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu disiapkan dalam akan menggelar acara pernikahan :


Persiapan acara pernikahan

1. Konsep Acara Pernikahan

Pernikahan adalah suatu upacara pengikatan janji yang dilaksanakan oleh dua orang untuk menjadi satu ikatan keluarga yang utuh, konsep acara pernikahan apa yang akan dilakukan/dilaksanakan oleh calon pengantin sangatlah penting apakah konsep pernikahan di dalam gedung atau di luar gedung di taman atau di halaman rumah juga adat apa yang akan dipakai sesuai dengan budaya kelahiran kedua calon mempelai. 

Dengan menentukan konsep acara yang akan dilakukan akan mempermudah untuk menyesuaikan persiapan acara pernikahan lainnya.


Persiapan acara pernikahan

2. Tempat Acara Pernikahan

Tempat acara pernikahan adalah persiapan yang penting dalam melaksanakan sebuah prosesi pernikahan. Untuk memilih tempat acara pernikahan kendala yang dihadapi adalah mencocokkan waktu acara dan tempat acara tersebut diadakan, oleh karena itu memesan tempat acara jauh jauh hari haruslah dilakukan agar cocok dengan waktu yang diinginkan oleh calon mempelai.

Selain itu tempat acara pernikahan harus disesuaikan dengan jumlah undangan dan kebanyakan tamu undangan berada di daerah yang tidak jauh dari tempat tersebut agar tamu yang datang bisa menjangkau dan tidak sedikit yang datang.

Apabila calon mempelai menghendaki acara pernikahan yang sederhana maka solusinya adalah acara diadakan di halaman rumah, tetapi harus melihat kondisi halaman rumah tersebut luas atau tidak dan diharapkan tidak mengganggu masyarakat disekitar.

Jika calon mempelai menginginkan acara diluar ruangan di taman semisalnya maka yang wajib di pikirkan adalah faktor cuaca yang tidak dapat diprediksi juga dekorasi lebih rumit dan agak lama, disarankan apabila menginginkan acara outdoor jangan pas musim hujan.

Dan jika calon mempelai menginginkan pernikahan dengan jumlah tamu yang sedikit sebaiknya acara diadakan di rumah makan atau di halaman masjid.


Persiapan acara pernikahan

3. Memilih Dekorasi Yang Sesuai

Untuk memilih dekorasi sebaiknya disesuaikan dengan tema atau konsep acara pernikahan yang akan digelar jangan sampai perabotan dekorasi dan warna tidak sesuai atau mencolok dengan tema yang akan diusung. Sebagai contoh apabila pernikahan dengan menggunakan adat jawa maka warna tema yang sesuai adalah warna putih dengan campuran coklat dengan motif batik.

Untuk background pelaminan diharuskan memilih warna yang tidak berbeda jauh dengan gaun pengantin dan tidak boleh membuat warna gaun pengantin menjadi tidak terlihat.


Persiapan acara pernikahan

4. Undangan

Undangan sangatlah penting untuk dipersiapkan, biasanya teman atau kerabat tidak akan datang kalau tidak ada undangan meskipun tahu teman atau kerabatnya akan menikah.

Untuk menyebarkan undangan paling lambat satu minggu sebelum hari H agar para tamu undangan dapat mencocokkan jadwal dan meluangkan waktu untuk datang, namun jangan terlalu lama untuk menyebarkan undangan dikarenakan tamu bisa jadi lupa akan adanya acara tersebut.

Untuk saudara dan teman yang bertempat tinggal jauh dan sulit terjangkau undangan bisa dikirim melalui kantor post atau jasa titipan kilat laiinya, akan tetapi jaman sekarang media sosial juga bisa menjadi alternatif untuk mengirim pesan undangan bagi kerabat dan teman yang jauh seperti memfoto kartu undangan atau discan kemudian kirim lewat aplikasi Whatsap atau media sosial yang lain.


Persiapan acara pernikahan

5. Rias dan Baju Pengantin

Bagi calon pengantin rias dan baju pengantin sangatlah penting dan biasanya untuk rias atau MUA (make up artis) bisa satu paket atau sendiri-sendiri banyak tukang rias sekaligus menyewakan baju pengantin atau membuatkan baju pengantin baru.

Lebih mudah atau simple apabila menyewa baju pengantin sekaligus untuk orang tua dan calon besan juga menyewa baju untuk para among tamu dll, atau jika calon pengantin menginginkan baju pengantin yang baru dapat memesan/membuat jauh-jauh hari sebelumnya karena pembuatan baju pengantin memakan waktu yang lama.


Persiapan acara pernikahan

6. Dokumentasi

Dalam persiapan pernikahan Dokumentasi menjadi hal yang penting dan perlu diperhatikan dengan detail karena pernikahan adalah momen yang sangat penting bagi sepasang calon pengantin untuk itu perlunya dokumentasi berupa foto dan video.

Oleh karena itu penting sekali dalam memilih dokumentasi carilah tukang foto dan video yang profesional di bidangnya bisa cari dari media sosial atau rekomendasi dari teman atau kerabat yang pernah menggunakan jasa foto dan video.

Harga juga mempengaruhi kualitas dari jasa foto dan video, semakin mahal paket jasa foto dan video menandakan seringnya digunakan atau sudah terkenal dan banyak dipakai oleh pengguna jasa tersebut, seringnya dipakai jasa dokumentasi berarti bagus kwalitas hasil dokumentasinya.


Persiapan acara pernikahan

7. Catering

Catering adalah jamuan makanan disuatu acara pernikahan, hal ini sangatlah penting untuk dipersiapkan baik memilih menu apa saja yang akan disajikan juga menyesuaikan buget dan jumlah tamu yang akan diundang.

Sebelum memilih paket catering ada baiknya makanan dicoba terlebih dahulu, biasanya pihak catering akan memberikan tester makanan terlebih dahulu enak dan cocok atau tidak untuk disajikan.

Tidak perlu mewah yang penting layak dan enak dimakan, sependek apapun waktu tamu yang datang mesti akan mencicipi makanan yang dihidangkan diacara pernikahan.


Persiapan acara pernikahan

8. Souvenir

Souvenir setidaknya harus ada diacara pernikahan dan tidak terlalu mahal disesuaikan dengan buget yang penting bisa dibuat buah tangan bagi para tamu undangan.

Jangan lupa di sovenir tersebut dicantumkan foto atau tulisan nama mempelai berdua supaya dengan melihat souvenir tersebut para tamu akan terkenang akan acara pernikahan tersebut.

Banyak macam bentuk souvenir yang bisa didapatkan dan mudah sekali untuk dipesan, ada baiknya memilih macam-macam bentuk sovenir dengan melihat dimesin pencari Google disitu banyak sekali berbagai macam souvenir sesuai dengan keinginan dan buget. 

Di Era Millenial kita dipermudah dengan adanya media sosial baik itu Google, Facebook, Instagram dll kita bisa pesan souvenir melalui media tersebut.


Persiapan acara pernikahan

9. Hiburan

Suatu pesta pernikahan akan lebih personal jika didukung dengan konsep yang sesuai memilih hiburan disuatu acara pernikahan juga penting karena dengan adanya hiburan maka suatu acara pesta pernikahan akan terasa meriah dan terkesan.

Ada bebagai macam jenis hiburan tergantung keinginan dari pemangku hajat seperti Band, Karawitan atau Pertunjukan Tari bisa dipilih salah satu atau dipakai semuanya tergantung buget dan konsep acara di pesta pernikahan tersebut.

Untuk menyewa hiburan tersebut ada baiknya dipesan jauh jauh hari sebelum acara pesta pernikahan supaya dapat menyesuaikan dengan jadwal acara hari H pesta pernikahan takutnya kalau dibooking mendadak bisa jadi sudah disewa oleh orang lain.


Persiapan acara pernikahan

10. Pengurusan Dokumen Pernikahan

Pernikahan sebenarnya adalah meresmikan komitmen sepasang insan manusia dan membuat hubungan diantara keduanya legal sesuai dengan hukum yang berlaku di negara ini.

Untuk itu wajib bagi sepasang calon pengantin mengurus surat surat yang diperlukan untuk membuat surat nikah, adapun surat surat yang diperlukan adalah KTP, Kartu Keluarga dan Surat permohonan pindah nikah yang nantinya calon pengantin akan pindah ke salah satu keluarga baik itu ke pihak laki-laki atau ke pihak perempuan dan akan masuk ke daftar Kartu Keluarga, kemudian diterbitkan Surat Nikah dari catatan sipil atau dari Pengadilan Agama setempat. 


Persiapan acara pernikahan

11. Transportasi dan Akomodasi

Untuk transportasi dan akomodasi ini juga penting untuk direncanakan, jikalau ada kerabat atau keluarga dari luar daerah yang datang beserta rombongan keluarganya.

Apabila kerabat atau saudara datang dengan membawa kendaraan pribadi tinggal mempersiapkan atau pesan sendiri untuk tinggal sementara di Hotel atau di Home Stay, mungkin ada kerabat atau saudara yang kurang mampu maka haruslah disediakan tempat untuk tinggal sementara, syukur kalau rumah calon mempelai besar dan cukup untuk menampung para kerabat atau saudara yang dari jauh tidak perlu memesan hotel atau home stay.

Yang wajib disediakan adalah mobil pengantin apabila tempat digelarnya pesta pernikahan jauh dari tempat tinggal calon mempelai. 


Persiapan acara pernikahan

12. Memakai Jasa Wedding Organizer

Apabila acara pernikahan sudah pasti kedua mempelai tentu kesulitan untuk mengkoordinasikan acara pernikahan untuk itu dibentuklah panitia acara pernikahan biasanya kerabat atau keluarga akan tetapi lebih baiknya pakailah jasa Wedding Organizer dikarenakan mereka professional dibidangnya agar hasilnya akan lebih baik dan meriah juga tidak membebani pihak keluarga dalam mengkoordinir acara pernikahan.

NERI WEDDING & EVENT ORGANIZER adalah perusahaan jasa profesional diacara pernikahan dan sangat direkomendasikan, bertempat di Jl. Manga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur, dengan Contak Person : Neny Parwati, SE Hp/Wa : 08123510505


































Komentar

Postingan populer dari blog ini

ACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA

Banyak kita jumpai prosesi pernikahan adat Jawa. Dan mungkin anda sudah hafal dan sering melihat malam midoderani yang sebelumnya diawali dengan prosesi siraman. Selain kedua prosesi tersebut masih terdapat rangkaian prosesi lainnya. Beberapa tahapan yang dilakukan satu hari sebelum ijab kabul ini memiliki makna tersendiri. Berikut ini penjelasannya. 1. Acara prosesi Pasang terub, Bleketepe, dan Tuwuhan pernikahan adat jawa Sebelum memulai prosesi adat Jawa yang akan mengadakan acara pernikahan harus melewati prosesi pasang terub, bleketepe, dan tuwuhuan. Upacara adat ini yang akan mengawali setiap pernikahan adat Jawa. Setiap prosesi tentu saja terasa penuh makna terub yang dipasang di pagar atau pintu masuk memiliki arti sebagai atap sementara atau peneduh rumah. Pemasangan tarub ini dibarengi dengan pemasang bleketepe sebagai penanda rumah akan melakukan acara pernikahan. Bleketepe, terub, dan tuwuhan ini menjadi simbol tolak bala. Bleketepe yang dibikin dari anyaman daun k

TATA UPACARA PERNIKAHAN ADAT JAWA OLEH NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER

Logo PT. Neri Jaya Anugrah Tata upacara pernikahan bagi pasangan pengantin dan keluarga dalam melaksanakan acara pernikahan adalah suatu runtutan acara yang akan digelar oleh keluarga mempelai berdua dan untuk mendukung kelancaran dan ketertiban pelaksanaan acara tersebut biasanya dibentuk suatu panitia kecil oleh Wedding Organizer yang ditunjuk oleh pihak keluarga untuk mengatur jalannya pelaksanaan tata upacara pernikahan tersebut. Berikut adalah susunan perincian pelaksanaan upacara pernikahan Adat Jawa yang biasa dilaksanakan atau dikerjakan oleh NERI WEDDING DAN EVENT ORGANIZER - Neri Organizer  Hp/Wa 08123510505 cp Ibu Neny Parwati Jl. Mangga No. 29 Sekardangan Sidoarjo, Jawa Timur. Adeg Terop 1. Pelaksanaan Adeg Terop dan Kirim Doa Biasanya dilakukan pada pagi hari setelah hari pemasangan terop ditentukan dengan persiapan pemasangan tenda pihak keluarga menyiapkan syukuran adeg terop membuat atau memesan Tumpeng dan Uborampenya dan vendor tenda sudah di

KONSEP PERNIKAHAN KEKINIAN FAVORIT KELUARGA

Setiap pasangan yang ingin menikah pasti menginginkan sebuah konsep yang matang dan rapi didalam acara pernikahannya, ada yang menginginkan konsep pernikahan yang sederhana, mewah atau konsep pernikahan unik yang tidak akan terlupakan sepanjang masa. Saat ini masih banyak pasangan calon mempelai yang masih bingung untuk menentukan konsep apa yang akan dibuat untuk acara pernikahannya nanti, berikut kami merangkum beberapa konsep acara pernikahan faforit keluarga kekinian dan unik yang dapat menjadikan inspirasi bagi calon pengantin. Annisa & Khosin Wedding 1. Konsep Acara Adat Semakin hari pernikahan dengan menggunakan konsep acara Adat banyak sekali dipilih, hal ini didukung dengan banyaknya vendor-vendor sanggar rias yang menyediakan berbagai macam adat mulai dari Adat Aceh, Medan, Palembang, Minang, Betawi, Sunda, Jawa dll dengan aksesoris yang cantik dan model pakaian adat yang inovatif menjadi lebih indah tanpa menghilangkan unsur adatnya. Konsep per